Rabu, 20 Februari 2008

Akhir Taun

Menjelang akhir taun kemaren, temen gw si Yana ngajak buat rencana jalan jalan ngerayain akhir taun atau taun baru di Pantai Pangandaran Ciamis ama temen temen kantor, rencananya buat kendaraannya kita mw minjem mobil Isuzu Panthernya Pak Irfan, setelah deal dengan pemilik mobil kalo kendaraannya bisa dipinjem akhirnya kita ngajakin temen yang lain buat ikut seperti Aris, Hadirun, Hardi dan Yasir.
Menjelang akhir taun kabar buruk datang, ternyata mobil Isuzu Panther yang tadinya mau dipinjem gak bisa dipake karena mau digunakan ama yang punya mobil... yaach sudah terbayang gagal deh jalan jalan ama temen temen ke pangandaran kalo gak ada mobil soalnya, emangnya mau gitu temen2 kesana naik bis kayaknya nggak.
Karena kejadian itu semua temen sudah diberi tau kalo kemungkinan rencana liburan gagal dan akhirnya semua teman bisa nerima dan balik deh ke rumah masing2, tinggallah gw sendiri masih di jakarta blom balik ke bandung sendirian di mess kantor, pas lg sendiri gw inget coba coba aja minjem mobil ke kakak gw di bandung secara kk gw punya 3 mobil kayaknya kalo dipinjem 1 bakal ngasih deh, coba coba di sms dan syukurnya dikasih jg gw pinjem mobil satu yang Toyota Kijang Kapsulnya.
Karena gw berhasil minjem mobil gw langsung kabarin deh temen2 gw kalo rencana liburan kita akhirnya jadi juga, temen2 gw untungnya belum ada rencana lain dan masih bisa ikut rencana semula, oke deh klop, hari minggu tanggal 30-12 gw ngambil mobil di rumah kakak trus langsung cabut ke kantor bandung buat ngejemput temen2 yang nungguin disana. Bener aja nyampe kantor bandung temen2 gw udah pada nungguin gw setelah rehat sejenak langsung deh kita meluncur ke rencana pertama kita ke Garut.
Kenapa ke Garut? karena pada hari itu bertepatan dengan resepsi pernikaha salah seorang rekan kantor kita, jadi rencana awal kita sekalian mau ke Tasik ama Pangandaran kita sempetin dulu maen ke Garut, setelah perjalanan selama 2 jam dari Bandung dan sempet ngejemput dulu si Hardi di Cicalengka, kita tiba juga di kota Garut, sementara tempat resepsi pernikahan rekan kita adanya di Cikajang yang kurang lebih 1 jam perjalanan dari Garut Kota, namun ditengah perjalanan menuju Cikajang gw ama temen2 berpikir karena hari udah menjelang sore dan kayaknya resepsinya udah mau selesai, kita gak jadi rencana untuk datang ke resepsi pernikahan temen dan gantinya kita balik arah dan langsung menuju Tasikmalaya lewat Cilawu - Singaparna.
Sebelum memasuki Tasik temen2 ngajak buat makan siang dulu dan setelah deal kita berhenti dulu di sebuah masjid yang viewnya bagus di daerah Cilawu Garut untuk sholat Ashar dan makan Mie baso sebentar. Jam 4 sore lebih akhirnya kita tiba di pusat kota Tasikmalaya setelah sempet ngambil duit dulu di ATM BCA kita terusin perjalanan kita ke rumah gw di daerah Karangnunggal Tasik Selatan yang jaraknya 45 Km dari Kota sekira perjalanan sejam setengah.
Setelah hari gelap akhirnya kita tiba jg di rumah gw di kampung yaitu di daerah Desa Eureunpalay Kec. Cibalong untuk beristirahat selama sehari sebelum besoknya melanjutkan perjalanan ke daerah Pangandaran.
Setelah semalaman main kartu Remi dan main kartu Gaple diselingi dengan rasa takut temen2 buat ke WC rumah gw pas malem (maklum rumah gw di Tasik rada2 gelap senyap kalo malem) akhirnya kita lewati semalem di rumah gw dan besoknya gw bangun pagi2 sementara temen2 yang lain masih terlelap tidur (ini mah kebiasaan pada bangun telat), gw inisiatif sebenernya bawa mobil ke pasar buat beli makanan buat sarapan temen2, eh sial pertama dateng mobil gw kegusruk ama bak truk yang ngangkut warga di deket rumah gw, gw balik arah kejar supir truknya eh dianya gak mau tanggung jawab padahal udah jelas salah salah dia pake alesan orang kecil gak punya duit lah walah walah ya udah deh gw pergi aja daripada bikin tibut.
Untungnya cm kegasruk dikit tapi tetep2 aja harus dicat cepet2 kalo gak bisa dimarahin kakak gw lagi heheheheh, menjelang tengah hari temen2 maksa katanya pengen liat kolam ikan gw padahal udah gw kasih tau ikannya cuma dikit, jadilah mampir ke kolam cuma liat liat doang celingak celinguk foto foto bentar trus balik lagi krumah, pas jamnya mau cabut nerusin perjalanan ke Pangandaran weleh weleh sial kedua dateng hujan turun dengan derasnya padahal deket rumah gw jalanya jalan tanah hihihihiihi, tapi yawsud kita maksain pergi juga deh takutnya ntar telat lagi perayaan taun barunya.
Berangkat jam 1 dr rumah akhirnya nyampe di Pantai Sindangkerta sekitar jam 2 kita berkunjung dulu sebentar, buat jalan jalan pinggir pantai dan main air bentar (halah kayak anak kecil aja sih), dan sempet liat panggung persiapan taun baru ntar malem. Menjelang sore sekitar jam 1/2 5 kita cabut dari Pantei ini untuk terus ke Pangandaran yang jaraknya masih 90 Km dari pantai ini.
Sempet mampir juga di pantai Karang Tawulan bentar sekedar foto foto doang dan karena si Aris pengen nyobain ngemudiin mobil hihihihi, perjalanan berlanjut dan OMG kayaknya sempet jg ngelindes ayam orang nih, bukan salah gw sih gw lagi kenceng ayam nya tiba tiba aja nyebrang dan kalo gw rem mendadak dibelakang ada motor yang lagi kenceng juga.
Karmanya kayaknya tiba sial ketiga didaerah Kecamatan Cimerak Ciamis, mobil gw nyangkut di corcoran beton jalan karena proyek jalannya nggak beres2 setengah lajur sudah dicor setengahnya lagi blum, setelah kerja keras pake dongkrak trus diangkat didorong setelah setengah jam berhasil juga kita ngelepasin mobil dari jebakan ini, huhuhuhuhuuhu.
Akhirnya jam 8 kita tiba juga di Pantai Pangandaran yang sudah penuh sesak oleh orang yang mau ngerayain taun baru, pertama kita cari dulu kamar sekedar buat tidur ama mandi, keliling2 pada penuh akhirnya kita dapet deket markas POLAIRUD deket sih ke Pantai Timur tapi ke pantai barat jauhnya ya ampuuun.
Setelah istirahat bentar kita langsung ke Pantai Barat disitu udah ada waduh puluhan ribu orang bergerumul di pantai menunggu saat saat pergantian taun, lalu lintas di pinggir pantai macet total ampe subuh tapi kayaknya yang bawa mobil pada maklum soalnya banyak sekali manusia hari itu, menjelang pergantian taun kembang api mulai menyebar di angkasa dan di salah satu kediaman pengusaha yang rumahnya ada di pantai barat permainan kembang api bahkan dimulai dari jam 11 hingga menjelang shubuh, busyet itu duit yang dibakar jadi kembang api abis berapa ya? dasar mubazir coba buat ngasih orang yang memerlukan, berapa orang bisa dikasih makan tuh.
Ada juga rombongan bencong batangan yang gak tau darimana asalnya tiba tiba aja muncul dan langsung dapet tepuk tangan dan surakan dari orang2 yang lagi pada bergerumul wakakakakak aneh aneh aja malem taun baru nih disatu sisi ada orang mubazir yang ngabisin duit buat dibakar doang, gerombolan bencong, orang2 yang masih mencari sesuap rejeki buat hidup dan juga... ombak pasang laut yang semakin meninggi.
Siangnya di hari pertama di taun 2008 kita isi dengan jalan jalan menyusuri pantai timur menuju pasir putih di pananjung maen maen air bentar selama 3 jam trus kita cabut deh karena hari sudah siang dan besoknya kita harus masuk kantor deh..............